Beriklan adalah salah satu kunci
dalam marketing. Tak terkecuali di internet
marketing, memasang iklan untuk produk/jasa anda menjadi hal penting
untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, serta meningkatkan brand awareness
dan banyak lagi keuntungan lainnya.
Di internet, ada banyak pilihan
tempat beriklan. Hampir semua perusahaan internet,
mengandalkan iklan sebagai sumber uangnya, seperti Google, Yahoo, dan Facebook.
Para raksasa itu menguasai pemasukan iklan internet di dunia.
Nah, di sini kita akan bandingkan iklan
di google dan Facebook. Kalau anda berniat pasang iklan, yang manakah yang
lebih bagus?
Pertama kali, sebelum anda putuskan
beriklan, anda harus tahu benar siapa target market anda. Sebab tanpa itu,
sangat mungkin iklan yang anda pasang justru akan tampil bukan pada target
market. Akibatnya, konversi iklan menjadi tak bagus dan bisa jadi biaya iklan
anda lebih besar dari penjualan yang dihasilkan.
Beriklan di Facebook maupun Google
memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut ini penjelasan iklan di Facebook
dan Google.
Iklan
di Facebook
- Iklan di Facebook menargetkan profile orang. Oleh
karena itu, anda harus tahu betul siapa yang menjadi pangsa pasar anda.
Sebab, iklan di Facebook bisa diatur berdasarkan usia, lokasi, status
pernikahan, dan kesukaan profile pengguna Facebook.
- Iklan hanya muncul di Facebook. Untuk jenisnya ada
sponsored stories dan ada Facebook ads. Iklan bisa muncul di halaman utama
(home), profile, page,
group, event, dan lainnya.
- Panjang teks iklan di Facebook bisa sampai 135 karakter
serta dapat ditambahkan gambar. Secara karakter, ini lebih panjang dari
jumlah karakter iklan di Google Adwords.
- Dari segi biaya, secara relatif, iklan di Facebook
lebih murah dibandingkan di Adwords Google. Namun demikian sistem bidding
juga tetap berlaku seperti halnya di Google Adwords.
- Tersedia Ads Manager untuk memantau performa iklan
anda.
Iklan
di Google
- Kata kunci (keyword) menjadi hal penting dalam
pemasangan iklan di Google. Pemilihan kata kunci yang tepat sangat
berpengaruh pada tercapainya performa iklan yang maksimal. Oleh karena
itu, riset keyword menjadi sangat penting sebelum pasang iklan di Google.
- Di Google Adwords juga bisa dilakukan pengaturan,
seperti berdasarkan jenis kelamin, usia, bahasa dan lokasi (berbasis
alamat IP).
- Selain bisa muncul di search engine Google, iklan yang
dipasang juga bisa tampil di jaringan iklan Google, video, dan seluler.
- Biaya iklan bergantung pada keyword yang ingin anda
pasangi iklan. Ada keyword yang bertarif iklan tinggi, ada yang rendah.
Dan sistem bidding juga berlaku di sini.
- Tersedia tool (alat) untuk memonitor iklan.
Beriklan di Facebook atau Google
memang berbeda. Keduanya memiliki karakteristiknya sendiri. Iklan di Google
sangat bergantung pada pemilihan keyword, sementara iklan di Facebook
menjangkau orang. Tentu juga pengaturan target iklan, copywriting iklan, dan
landing page juga ikut berpengaruh terhadap keberhasilan iklan yang dipasang.
Yang mana yang terbaik? Tak ada
jawaban pasti, sebab selain tergantung faktor-faktor di atas, juga bergantung
pada niche dan target market anda tersebut.
Karena itu sebelum anda beriklan,
sangat penting bagi anda untuk mengenali produk yang anda pasarkan dan siapa
target marketnya. Di situ kuncinya.
Salam ACTION!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar