Memasang atau
berkampanye Iklan pada surat kabar mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :
a)
Market coverage
yaitu surat kabar yang menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai dengan cakupan
pasarnya (nasional, regional, atau lokal).
b)
Comparison shoping ( catalog
value ) yaitu keuntungan kedua menyangkut kebiasaan konsumen
membawa surat kabar sebagai referensi untuk memilih barang sewaktu berbelanja.
Informasi sekelebat yang diberikan oleh radio dan televisi, dimuat secara
tertulis pada surat kabar yang dapat dibawa kemana-mana.
c)
Positive consumer attitudes yaitu
konsumen umumnya memandang surat kabar memuat hal-hal aktual yang perlu segera
diketahui khalayak pembacanya.
d)
Flexibility
yaitu pengiklan dapat bebas memilih pasar mana ( dalam cakupan geografis ) yang
akan diprioritaskan. Dengan demikian ia dapat memilih media mana yang cocok.
Kecuali pada surat kabar nasional yang biasanya harus dilakukan pemesanan enam
bulan sebelumnya, koran-koran lokal umumnya sangat fleksibel dalam memuat
iklan, baik permintaan mendadak yang berkaitan dengan ukuran, frekuensi
pemuatan, maupun penggunaan warna ( spot
colour atau full
colour ).
Berbeda
dengan majalah yang cenderung dibaca oleh masyarakat golongan menengah keatas
dan biasanya media ini lebih banyak menyajikan iklan dengan tema keluarga atau
gangguan dalam pekerjaan yang perlu diatasi. Oleh karena itu majalah juga
mempunyai kelebihan tersendiri sebagai media untuk beriklan dan berpromosi,
antara lain :
a)
Khalayak sasaran yaitu salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan
media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang
terspesialisasi. Pada masa mendatang majalh-majalah special interest akan mempunyai peranan yang
penting dan akan sangat disukai sebagai media periklanan karena dianggap
memiliki captive market.
b)
Penerimaan khalayak yaitu kemampuannya mengangkat produk-produk yang di
iklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestise majalah
yang bersangkutan.
c)
Long life span
yaitu majalah adalah media yang memiliki usia edar paling panjang dari seluruh
media yang ada. Selain itu majalah yang dimiliki oleh khalayak umumnya disimpan
hingga bertahun-tahun sebagai referensi.
d)
Kualitas visual
yaitu kualitas visual majalah sangat prima karena umumnya dicetak di atas
kertas berkualitas tinggi. Dengan demikian kebanyakan majalah dapat menyajikan
tata warna, reproduksi foto baik hitam putih maupun berwarna dengan sangat
baik.
Kualitas
produksi seperti ini mencerminkan kehebatan isi editorialnya. Cerita-cerita
fiksi dan features
selalu ditulis oleh penulis kenamaan yang mampu menggugah emosi pembaca.
e)
Promosi penjualan yaitu majalah adalah media yang efektif untuk menyiarkan
pesan iklan yang berbau promosi penjualan seperti kupon-kupon yang akan diundi,
contoh-contoh produk, dan kartu-kartu petunjuk.
Pelaku bisnis
media cetak di Indonesia kelihatannya masih yakin dengan masa depannya, meski
media Internet tumbuh luar biasa di negeri ini, dan sudah banyak bukti media
cetak di Amerika Serikat bertumbangan karena Internet. Gencarnya pemberitaan di televisi dan
kuatnya penetrasi internet di Indonesia tak akan mematikan koran atau media
cetak lainnya. Di daerah, koran berkembang pesat, jauh lebih banyak
dibandingkan dengan koran yang tutup—karena masalah internal. Peluang iklan di
media cetak tetap tumbuh dan persentasenya cenderung meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar